Jumat, 02 Maret 2012

PELATIHAN KADER DI DESA BATUR TENGAH WILAYAH PUSKESMAS KINTAMANI I


Tanggal 28 dan 29 Februari 2012 menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar para kader yang terbentuk di Desa Batur Tengah. Pada hari ini mereka akan mengadakan Pelatihan Refreshing Kader yang penyelenggaraannya dibiayai langsung melalui dana desa yang telah dimusyawarahkan melalui MUSRENBANGDES yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 15 Februari 2012. Pelatihan ini mengambil tempat di Ruang Pertemuan Batur Tengah, dihadiri oleh ibu-ibu kader dan unsur aparat desa, unsur kecamatan dan puskesmas. Jumlah peserta pada pelatihan kali ini berjumlah 40 orang, berasal dari masing-masing dusun di wilayah Batur Tengah.
            Pihak Panitia menyebutkan acara ini dapat terselenggara berkat kerjasama pihak desa dan puskesmas Kintamani I selaku Fasilitator pada pelatihan kali ini, menurut mereka pelatihan ini dipandang perlu mengingat pada tahun 2012 ini mereka menambahkan lagi 4 posyandu yang baru, sehingga kader-kader baru yang terpilih diharapkan dapat membuat Posyandu di wilayah batur tengah menjadi aktif.    Mengingat pencapaian masyarakat yang memanfaatkan posyandu masih belum mencapai target.
            Pelatihan dibuka oleh Bapak Sekcam Kintamani  yaitu bapak Eko, sekiranya bapak camat kintamani bisa hadir untuk membuka, tetapi di hari yang bersamaan, Bapak Camat menghadiri acara GERBANGDES ZYGOT (Gerakan Pembangunan Desa System Gotong Royong) Gerakan yang dicanangkan Bapak Bupati Bangli I Made Gianyar untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat dan bisa mendengarkan aspirasi rakyat, sehingga diharapkan Bangli makin maju di tahun-tahun berikutnya.
            Dari pihak Puskesmas Kintamani I yang hadir ialah Kepala Puskesmas (dr.Gung Wik), Pemegang Program PSM-PKM (Mbk. Zulian), Pemegang Program Gizi (Gek Yanti). Masing-masing fasilitator membimbing jalannya pelatihan dengan materi-materi seperti Desa Siaga, PHBS, TOGA, BATRA dan POSYANDU. Tentunya diadakan juga sosialisasi terkait e-JKBM, JAMPERSAL, JAMKESMAS.
            Pelatihan berjalan dengan lancar, para kader sangat antusias dalam mendengarkan materi serta tak tanggung-tanggung untuk mengajukan pertanyaan apabila ada beberapa materi yang kurang dimengerti. Harapan peserta, kegiatan seperti ini bisa tiap tahun diadakan sehingga mereka sebagai kader akan terus merasa dimotivasi untuk memberikan sesuatu yang berarti bagi masyarakat lainnya yang tidak mengikuti pelatihan ini. Bila perlu mereka siap untuk dilombakan antar dusun, sehingga semangat mereka tak akan pernah luntur.



Berikut foto kegiatannya:







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar